Senin, 21 Desember 2015

MAKALAH Cara Mengoperasikan Dan Fungsi Menu Icon Microsoft Word 2007

MAKALAH
Cara Mengoperasikan

Dan Fungsi Menu Icon Microsoft Word 2007














Disusun oleh
Moch. Abdullah Sa’id



YAYASAN  SOSIAL MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN BONANG SARANG REMBANG

PENDAHULUAN

 

A.       LATAR BELAKANG

Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.

Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu  bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office word.

 

B.      Tujuan

       Setelah membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :

1.      Memehami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word.

2.      Mengoperasikan fungsi menu-menu microsoft office word.

3.      Mengoperasikan perintah cetak pada microsoft office word.

4.      Mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.

 

C.      Manfaat

Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :

1.      Memahami cara mengoperasikan.

2.      Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada.

3.      Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan.




Memulai Mengoperasikan Microsoft Word

I. Membuka Microsoft Word
 




Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
    
     Klik Tombol Start yang ada di taskbar   Pilih menu all  Program  Kemudian pilih  klik program aplikasi Microsoft Word 2010 .Tunggu sampai  jendela program Microsoft Word ditampilkan.



II. Membuat Dokumen Baru

Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung
ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak
secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi
alternatif dalam membuat dokumen baru.
1.      Pada jendela Microsoft Word  pilih menu File   klik tombol New   kemudian   klik tombol General.
2.      Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3.      Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :
1.      Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
2.      Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah  kita
            memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer     
3.      Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.


III. Membuka file yang sudah tesimpan
1.  Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2.  Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu
3.   Klik pada nama file yang akan dibuka.
4.   Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.




IV. Menyimpan Dokumen
1.      Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2.       Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save.
3.      Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.

V. Menutup File Dokumen




1. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.




VI. Menutup Jendela Microsoft Word



                       
1.      Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2.       Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3.       Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.




Mengetik Dokumen Sederhana

         Pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
        Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Undangan Training.










Mengedit Teks


     Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol BackSpace untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.




Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :

1.      Pilih teks yang akan Anda salin.
2.       Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3.      Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4.       Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

Men-Delete / Menghapus Teks.


      Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
          1. Pilih teks yang akan anda hapus.
          2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.

Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.


     Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
 berikut ini :
      1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan
      2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
      3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
      4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

Format Teks

     1.  Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang  anda inginkan.

     2. Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.



Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)


         Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
   1. Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.

    2. Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
        terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.

Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)


         Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
1.  Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
2.  Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang  terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.

Mengatur Format Paragraph


            Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7
mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
1.  Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
2. Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

Mencetak Dokumen


Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7. KlikO K.

Mengakhiri Microsoft Word


            Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.

Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4

Dan ini adalah shortcut yang dipakai dalam Microsoft Word buat rekan – rekan..

Ctrl + a –>   Select all
Ctrl + b –>   Bold
Ctrl + c –>   Copy
Ctrl + d –>   Edit font
Ctrl + e –>   Rata tengah
Ctrl + f –>    Find
Ctrl + g –>   Go to
Ctrl + h –>  Replace
Ctrl + i –>    Italic
Ctrl + j –>    Rata kiri kanan
Ctrl + k –>  Insert hyperlink
Ctrl + l –>   Rata kiri
Ctrl + m –>  Mengatur indent kiri
Ctrl + n –>   Membuat dokumen baru
Ctrl + o –>   Membuka dokumen yang telah ada
Ctrl + p –>   Print
Ctrl + q –>   Membersihkan format paragraf
Ctrl + r –>    Right
Ctrl + s –>   Save
Ctrl + t –>    Mengatur hanging indent kiri
Ctrl + u –>   Underline
Ctrl + v –>   Paste
Ctrl + w –>  Close window
Ctrl + x –>   Cut
Ctrl + y –>   Redo
Ctrl + z –>   Undo
Ctrl + ] –>    Perbesar font size
Ctrl + [ –>    Perkecil font size
Ctrl + = –>   Subscript
Ctrl + Shift + = –>   Superscript
Ctrl + scroll ke atas –>       Zoom In
Ctrl + scroll ke bawah –> Zoom Out

Fungsi menu dan icon peda Microsoft word 2007
1.      Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page   Layout, dll. 
Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.  Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.
Tampilan Jendela Microsoft Word 2007
https://sulpa.files.wordpress.com/2011/09/tampilan-word-2007.png











2.      Office Button

Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.










Tampilan office button
 office-button

Keterangan:

Nama Icon
Keterangan
New
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
Open
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
Save
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
Save As
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
Print
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Prepare
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
Send
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
Publish
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close
digunakan untuk menutup file dokumen aktif

                 

3.      Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home

tab-home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.

3.1.Group Clipboard


clippboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Ø  Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut. 
Ø  Cut : untuk memotong teks/objek terpilih. 
Ø  Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih. 
Ø  Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
                  * Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

3.2.Group Font

font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Ø  Font : untuk memilih jenis huruf 
Ø  Font Size : untuk mengatur ukuran huruf 
Ø  Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan 
Ø  Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan 
Ø  Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil 
Ø  Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih 
Ø  Bold : untuk menebalkan teks terpilih 
Ø  Italic : untuk memiringkan Teks terpilih 
Ø  Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih 
Ø  Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih 
Ø  Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan 
Ø  Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan 
Ø  Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih 
Ø  Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih 
Ø  Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.

3.3.Group Paragraph

paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Ø  Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih 
Ø  Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih 
Ø  Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri 
Ø  Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan 
Ø  Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin) 
Ø  Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab) 
Ø  Sort : untuk menyortir data 
Ø  Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf 
Ø  Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri 
Ø  Center : untuk mengatur teks rata tengah 
Ø  Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan 
Ø  Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri 
Ø  Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks 
Ø  Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih 
Ø  Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

3.4.Group Editing

editing



Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Ø  Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file 
Ø  Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file 
Ø  Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

4.      Fungsi Icon Tab Insert


Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
insert-tab
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan Symbols.


Kata Kunci Bahasan

Cover Page
digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
Blank Page
untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
Break Page
untuk memisah suatu halaman file dokumen
Insert Table…
untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Picture
digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
Clip Art
untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes
digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
SmartArt
digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
Chart
digunakan untuk menyisipkan diagram
Hyperlink
digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark
digunakan membuat penanda buku
Cross-Reference
digunakan untuk membuat referensi antar file
Header
digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
Footer
digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
Page Number
digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman
Text Box
digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts
digunakan untuk mengatur teks otomatis dll
WordArt
digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
Drop Cap
digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature Line
digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
Date & Time
digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
Object
digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
Equation:

digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol:
digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.

5.      Fungsi Icon pada Tab Page Layout


tab-page-layout
Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan tataletak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.


Themes
digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Color
digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
Fonts
digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
Effect
digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.
Margins
digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Orientation
digunakan untuk mengatur posisi kertas.
Size
digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
Columns
digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
Breaks
digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Line Numbers
digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
Hypenation
digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
Watermark
digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
Page Color
digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
Page Borders
digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.
Indent
digunakan untuk mengatur batas teks;
Spacing
digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.
Position
digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
Wrap text
digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
Bring Forward
digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
Send Backward
digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
Selection Pane
menampilkan panel navigasi objek
Align
digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
Group
digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
Rotate
digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih

6.      fungsi Icon pada Tab References

Icon perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan yang bahenol perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi teman-teman yang merasa calon sarjana mungkin perlu mengakrabkan diri dengan tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote danendnote.


references tab
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.

7.      Menu Review
kjl.JPG
Menu Review berfungsi misalnya untuk pengecekan Spelling Grammar, pemberianComment pada halaman penulisan, dll.





8.      Menu Viewlju.JPG
Menu View untuk membantu pengecekan secara keseluruhan atau draft penulisan apakah sudah sesuai seperti yang di-ingin-kan dengan bantuan fungsi menu Document Views; Format pengaturan dengan bantuan Show/Hide (ada pilihan Ruler, Gridlines, Document map, Thumbnails, dan Message Bar); pembesaran atau pengecilan dengan fungsi menu Zoom; Pengaturan penampilan secara Window dengan bantuan menuWindow (Arrange All, untuk menampilkan seluruh dokumen Ms-Word yang sedang aktif dalam satu layar, agar tampilan kembali normal maka cukup klik Maximize) atau (Split, memotong layar penulisan yang sedang aktif kemudian di bawah layar tersebut akan tampil layar seluruh penulisan dari judul penulisan yang sama, biasanya berguna untuk pengecekan supaya tidak bolak-balik mencari-cari penulisan yang hendak dibandingkan). Ada juga menu Macros apabila penulisan menggunakannya.



PENUTUP

A.     Kesimpulan
1.         Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu
 computer seperti Ms. Office (Word, Exeel dan Power Point).
2.         Para siswa minimal harus tahu cara mengoprasikan computer terutama Ms. Word.
3.        Ms. Word sebagai salah satu ilmu computer yang paling banyak dioprasikan diseluruh dunia.

B.      Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ke system pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu computer yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan Negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis  merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu computer dan Ms. Word.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar