Cara Mengoperasikan
Dan Fungsi Menu Icon Microsoft Word 2007
Disusun oleh
|
YAYASAN
SOSIAL MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN BONANG SARANG REMBANG
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin
bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya
kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah
membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft
office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar,
dan masih banyak lagi. Salah satu bagian
dari microsoft office adalah mincrosoft office word.
B. Tujuan
Setelah membaca makalah ini, pembaca
diharapkan untuk dapat :
1. Memehami cara memulai, menjalankan, dan
mengakhiri perangkat lunak microsoft office word.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu microsoft
office word.
3. Mengoperasikan perintah cetak pada
microsoft office word.
4. Mampu menggunakan / mengaplikasikan
penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.
C. Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :
1. Memahami cara mengoperasikan.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada.
3. Menggunakan fungsi mencetak hasil
pengolahan.
Memulai Mengoperasikan Microsoft Word
I. Membuka Microsoft
Word
Untuk membuka Microsoft
Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
Klik
Tombol Start yang ada di taskbar Pilih menu
all Program Kemudian pilih klik program
aplikasi Microsoft Word 2010 .Tunggu sampai jendela program
Microsoft Word ditampilkan.
II. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung
ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer
tidak
secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi
alternatif dalam membuat dokumen baru.
1. Pada jendela Microsoft Word pilih menu File klik tombol
New kemudian klik tombol General.
2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :
1. Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
2. Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka
setelah kita
memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer
3. Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol
Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
III. Membuka file yang sudah tesimpan
1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih
dahulu
3. Klik pada nama file yang akan
dibuka.
4. Klik tombol Open, maka file yang
tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
IV. Menyimpan Dokumen
1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan.
Hal ini dimaksudkan untuk
menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu
File, klik tombol Save.
3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen,
dan klik Save. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari
kemungkinan komputer padam secara mendadak.
V. Menutup File Dokumen
1. Setelah menyimpan
file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2. Atau bisa dilakukan
dengan menekan tombol close pada baris menu.
VI. Menutup Jendela Microsoft Word
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela
Microsoft Word akan tertutup.
2. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan
benar.
3. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat
dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari
jendela Microsoft Word.
Mengetik Dokumen
Sederhana
Pada saat memulai
program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih
kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap
mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor
akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau
mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka
teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris
berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke
baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru
sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan
sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri
dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan
tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu
paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya,
tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik
surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen
tersebut dengan nama Undangan Training.
Mengedit Teks
Jika anda membuat kesalahan selam proses
pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol BackSpace untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit,
Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit,
Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan
tombol Shift+Enter.
Meng-Copy / Menyalin
Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda salin.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3. Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
Men-Delete / Menghapus
Teks.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih,
ikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang
akan anda hapus.
2. Kemudian pilih
dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
Meng-Cut-Paste/Memindahkan
Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi
yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut
(Ctrl+X).
3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste
(Ctrl+V).
Format Teks
1. Pilih
atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai
yang anda inginkan.
2.
Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian
ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan
mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
Mengubah Jenis dan
Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk
huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain.
Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
1. Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
2. Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada
tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar
Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
Mengubah Ukuran Huruf
(Font Size)
Semua teks yang anda
ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan
memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point.
Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik,
ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
2. Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar
pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau
tekan tombol Ctrl+Shift+P.
Mengatur Format
Paragraph
Dalam
Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan
tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris
kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7
mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
1. Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya
sesuai dengan keinginan anda.
2. Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
Mencetak Dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah
diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif
di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan
ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda
inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan
pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda
pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah
kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak
isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman
genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7. KlikO K.
Mengakhiri Microsoft
Word
Setalah
seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai,
maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita
memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka
simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian
keluar dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut
ini :
1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4
Dan ini adalah shortcut yang dipakai dalam Microsoft Word buat rekan –
rekan..
Ctrl + a –> Select all
Ctrl + b –> Bold
Ctrl + c –> Copy
Ctrl + d –> Edit font
Ctrl + e –> Rata tengah
Ctrl + f –> Find
Ctrl + g –> Go to
Ctrl + h –> Replace
Ctrl + i –> Italic
Ctrl + j –> Rata kiri kanan
Ctrl + k –> Insert hyperlink
Ctrl + l –> Rata kiri
Ctrl + m –> Mengatur indent kiri
Ctrl + n –> Membuat dokumen baru
Ctrl + o –> Membuka dokumen yang telah
ada
Ctrl + p –> Print
Ctrl + q –> Membersihkan format paragraf
Ctrl + r –> Right
Ctrl + s –> Save
Ctrl + t –> Mengatur hanging
indent kiri
Ctrl + u –> Underline
Ctrl + v –> Paste
Ctrl + w –> Close window
Ctrl + x –> Cut
Ctrl + y –> Redo
Ctrl + z –> Undo
Ctrl + ] –> Perbesar font size
Ctrl + [ –> Perkecil font size
Ctrl + = –> Subscript
Ctrl + Shift + = –> Superscript
Ctrl + scroll ke atas –> Zoom
In
Ctrl + scroll ke bawah –> Zoom Out
Fungsi menu dan icon peda Microsoft word 2007
1. Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab adalah
sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File,
Insert, Page Layout, dll.
Ribbon adalah
area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Group adalah
kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi. Jadi,
Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari
beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan
fungsi.
Tampilan Jendela Microsoft Word 2007
2. Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area,
yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open,
Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area
kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol
perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS
Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini
adalah contohnya.
Tampilan office button
Keterangan:
Nama
Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan untuk
membuat file dokumen kosong baru
|
Open
|
digunakan untuk
membuka file dokumen yang tersimpan
|
Save
|
perintah untuk
menyimpan file dokumen aktif
|
Save As
|
digunakan untuk
menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
|
Print
|
digunakan untuk
mencetak file dokumen yang sedang aktif
|
Prepare
|
digunakan untuk
melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
|
Send
|
digunakan untuk
mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
|
Publish
|
perintah untuk
menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
|
Close
|
digunakan untuk
menutup file dokumen aktif
|
3. Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
3.1.Group Clipboard
Ø Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Ø Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Ø Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Ø
Format Painter :
digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap
Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu
Group.
3.2.Group Font
Ø Font : untuk memilih jenis huruf
Ø Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Ø Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara
instan
Ø Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara
instan
Ø Change Case : untuk mengubah status huruf
kapital/huruf kecil
Ø Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks
terpilih
Ø Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Ø Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Ø Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks
terpilih
Ø Strikethrough : memberikan tanda coret padateks
terpilih
Ø Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Ø Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Ø Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks
terpilih
Ø Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo
di belakang teks terpilih
Ø Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
3.3.Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu
yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah
di Group Paragraph yaitu:
Ø
Bullets : untuk memberikan tanda
bullet di tiap paragraf terpilih
Ø
Numbering : untuk memberikan format
penomoran di tiap paragraf terpilih
Ø
Decrease Indent : untuk menggeser
baris kedua paragraf ke kiri
Ø
Increase Indent : untuk menggeser
baris kedua paragraf ke kanan
Ø
Left-to-Right : untuk menjadikan arah
teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Ø
Right-to-Left : untuk menjadikan arah
teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Ø
Sort : untuk menyortir data
Ø
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan
/ menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Ø
Align Text Left : untuk mengatur teks
rata kiri
Ø
Center : untuk mengatur teks rata
tengah
Ø
Align Text Right : untuk mengatur
teks rata kanan
Ø
Justify : untuk mengatur teks rata
kanan-kiri
Ø
Line Spacing : untuk mengatur jarak
antar baris teks
Ø
Shading : untuk mengatur warna latar
teks terpilih
Ø
Border : untuk memberikan garis tepi
pada teks terpilih.
3.4.Group Editing
Secara
umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Ø Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Ø Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang
ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Ø Select : digunakan untuk memilih objek atau teks
tertentu di dalam suatu file
4. Fungsi Icon Tab Insert
Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols).
Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang
berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon
Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa
Group yang terdapat di tab ini adalah: Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan
Symbols.
Kata Kunci Bahasan
|
Cover Page
|
digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
|
Blank Page
|
untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
|
Break Page
|
untuk memisah suatu halaman file dokumen
|
Insert Table…
|
untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
|
Picture
|
digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
|
Clip Art
|
untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library
program
|
Shapes
|
digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
|
SmartArt
|
digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
|
Chart
|
digunakan untuk menyisipkan diagram
|
Hyperlink
|
digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
|
Bookmark
|
digunakan membuat penanda buku
|
Cross-Reference
|
digunakan untuk membuat referensi antar file
|
Header
|
digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
|
Footer
|
digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
|
Page Number
|
digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman
|
Text Box
|
digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
|
Quick Parts
|
digunakan untuk mengatur teks otomatis dll
|
WordArt
|
digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
|
Drop Cap
|
digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
|
Signature Line
|
digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
|
Date & Time
|
digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
|
Object
|
digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking
Embedded)
|
Equation:
|
digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan,
terutama dalam bidang matematika.
|
Symbol:
|
digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
|
5. Fungsi Icon pada Tab Page Layout
Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan
tataletak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1)
Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.
Themes
|
digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna
hurufnya.
|
Color
|
digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
|
Fonts
|
digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman
dokumen aktif.
|
Effect
|
digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di
halaman dokumen.
|
Margins
|
digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
|
Orientation
|
digunakan untuk mengatur posisi kertas.
|
Size
|
digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
|
Columns
|
digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
|
Breaks
|
digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
|
Line Numbers
|
digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
|
Hypenation
|
digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
|
Watermark
|
digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
|
Page Color
|
digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
|
Page Borders
|
digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.
|
Indent
|
digunakan untuk mengatur batas teks;
|
Spacing
|
digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.
|
Position
|
digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
|
Wrap text
|
digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf
teks
|
Bring Forward
|
digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
|
Send Backward
|
digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
|
Selection Pane
|
menampilkan panel navigasi objek
|
Align
|
digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
|
Group
|
digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
|
Rotate
|
digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
|
6. fungsi Icon pada Tab References
Icon perintah yang
terdapat di tab References secara umum digunakan untuk
properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan.
Sebuah perbukuan yang bahenol perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang
lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya
tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang
cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi
teman-teman yang merasa calon sarjana mungkin perlu mengakrabkan diri dengan
tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut
untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote danendnote.
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2)
Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6)
Table of Authorities.
7.
Menu Review
Menu Review berfungsi misalnya
untuk pengecekan Spelling Grammar, pemberianComment pada
halaman penulisan, dll.
8. Menu View
Menu View untuk
membantu pengecekan secara keseluruhan atau draft penulisan apakah sudah sesuai
seperti yang di-ingin-kan dengan bantuan fungsi menu Document Views; Format
pengaturan dengan bantuan Show/Hide (ada pilihan Ruler, Gridlines,
Document map, Thumbnails, dan Message Bar); pembesaran
atau pengecilan dengan fungsi menu Zoom; Pengaturan penampilan
secara Window dengan bantuan menuWindow (Arrange
All, untuk menampilkan seluruh dokumen Ms-Word yang sedang aktif dalam satu
layar, agar tampilan kembali normal maka cukup klik Maximize) atau
(Split, memotong layar penulisan yang sedang aktif kemudian di bawah layar
tersebut akan tampil layar seluruh penulisan dari judul penulisan yang sama,
biasanya berguna untuk pengecekan supaya tidak bolak-balik mencari-cari
penulisan yang hendak dibandingkan). Ada juga menu Macros apabila
penulisan menggunakannya.
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Di era globalisasi ini sangat di
perlukan khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu
computer seperti Ms. Office (Word, Exeel dan
Power Point).
2. Para siswa minimal harus tahu cara
mengoprasikan computer terutama Ms. Word.
3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu
computer yang paling banyak dioprasikan diseluruh dunia.
B. Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi
ini memang banyak menuntut perubahan ke system pendidikan nasional yang lebih
baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya
adalah ilmu computer yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin
ketinggalan dengan Negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas
pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut
maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini
sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga
dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu
computer dan Ms. Word.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar